Home » , , » Mengenal OSI Layer Dengan Mudah

Mengenal OSI Layer Dengan Mudah

Posted by Satriyo WHP Blog on Tuesday, August 20, 2019

Sebelum membaca artikel ini tidak disarankan untuk mengambil rujukan dari sumber ini karena artikel ini dibuat untuk membantu memudahkan bagi para pelajar yang masih tidak paham apa itu tentang OSI Layer.

Apa sih OSI Layer itu?

Sebelum membahas apa arti dari OSI Layer itu kita harus mengetahui kenapa OSI Layer itu ada dan untuk apa. Pada jaman dulu sebelum adanya osi setiap alat komunikasi kesulitan untuk saling berkomunikasi karena setiap vendor mempunyai protokol jaringan (aturan) sendiri-sendiri. Dari hal tersebut pada tahun 1980-an badan standarisasi internasional yaitu International Organization for Standardization (ISO) membuat model standar untuk semua alat komunikasi yaitu OSI Layer.
Masing-masing setiap layer punya tugasnya sendiri sehingga kita tidak perlu bingung mengenai protokol jaringan apa untuk bisa berkomunikasi dengan teman anda.

Jadi gampangnya OSI itu adalah aturan baku standar pada komputer untuk saling terhubung/berkomunikasi. Tujuannya adalah agar semua vendor mengacu pada satu titik aturan tersebut dan semua alat komunikasi bisa saling terhubung atau berkomunikasi dengan mudah.

7 Layer OSI






Osi layer ada 7 dan setiap layer saling berhubungan dengan layer diatas atau dibawahnya. berikut penjelasan tiap-tiap layer.

1. Physical Layer

Layer ini terletak paling awal atau terendah dari OSI Layer itu sendiri. Tugas dari layer ini adalah untuk mentransmisikan bit data digital dari komputer pengirim ke komputer penerima melalui media transimisi jaringan misal kabel dan frekuensi radio.


2. Data Link Layer

Di Layer ini Data Link tugasnya untuk mengawasi kesalahan yg mungkin bisa terjadi saat transimisi data sedang berjalan dan membungkus data bit menjadi frame. Tugas lain untuk mengelola pengalamatan fisik seperti alamat MAC dalam sebuah jaringan. Data link juga terbagi menjadi dua sublayer yaitu layer Media Access Control (MAC) dan Layer Logical Link Control (LLC).


Layer Media Access Control (MAC) bertanggung jawab mengendalikan sebuah perangkat untuk memberi izin melakukan transimisi data.

Layer Logical Link Control (LLC) bertanggung jawab sebagai sinkronisasi frame, memeriksa kontrol kesalahan, mengidentifikasi dan melapisi protokol network layer.

3. Network Layer

Network Layer bertugas untuk menentukan jalur yang digunakan untuk transfer data antar perangkat dalam sebuah jaringan. Perangkat jaringan yang bekerja dilayer ini ada Router, disinilah yang namanya routing bekerja.


4. Transport Layer

Layer ini bertanggung jawab untuk mengirimkan data antar perangkat jaringan dua atau lebih. Selain itu layer ini bertugas untuk memecah dan menggabungkan data dan mencari jalur yang efektif untuk mengirimkan data sampai tujuan, dilayer ini TCP Protokol adalah yang paling sering digunakan.


5. Session Layer

Tugas dari layer ini adalah untuk mengatur sesi koneksi dialog seperti memutuskan, menetapkan dan mengelola sesi koneksi antar komputer. Untuk melakukan sesi komunikasi layer ini tidak akan bekerja tanpa adanya sirkuit virtual yang berada di Transport Layer.

6. Presentation Layer

Presentation Layer bertanggung jawab untuk menterjemahkan sintaks yang digunakan setiap host pada sebuah jaringan untuk berkomunikasi. Disinilah proses enkripsi atau deskripsi bekerja yang nantinya akan dijalankan oleh layer diatasnya yakni Application Layer


7. Application Layer

Layer ini berada dipuncak dari OSI Layer dan bertanggung jawab untuk menghubungkan antar protokol jaringan dengan aplikasi yang ada di komputer. Setiap Aplikasi komputer untuk berkomunikasi membutuhkan layer ini seperti SMTP, telnet dan FTP. Tanpa kita sadari di layer ini lah yang paling sering kita gunakan sehari-hari contoh mengirim email, membuka website dan sebagainya.


Untuk artikel selanjutnya akan di posting tentang cara kerja OSI Layer itu sendiri. Saya berharap tulisan diatas mudah untuk dipahami teman-teman semua.

Thanks for reading & sharing Satriyo WHP Blog

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment