Home » , » Apa saja fungsi komputer server?

Apa saja fungsi komputer server?

Posted by Satriyo WHP Blog on Friday, September 13, 2019

Fungsi Komputer Server
Komputer server pasti memiliki fungsi yang banyak. Secara umum fungsi komputer server yaitu agar memudahkan komputer client dalam mengakses data yang ada di komputer server. Tetapi bila kita perhatikan dengan seksama, fungsi yang dimiliki komputer server ada banyak. Seperti yang akan saya jelaskan kali ini, fungsi komputer server sebagai berikut:

1. Pusat dari sebuah jaringan pada komputer
Komputer server yang nantinya akan terhubung ke komputer client sehingga dapat mengirimkan data yang dibutuhkan oleh komputer client. Data-data yang terdapat dalam komputer client berasal dari pusatnya yaitu komputer server.
2. Menyediakan akses data ke komputer client
Komputer client dapat mengakses semua data yang ada di dalam komputer server. Hal itu disebabkan karena komputer client sudah terhubung ke dalam komputer server yang menyediakan akses data untuk komputer client.
3. Bertugas melayani permintaan dari komputer client
Salah satu fungsi dari komputer server itu sendiri juga unutk melayani permintaan dari komputer client. Permintaan client bisa berupa file, data, aplikasi, dan sebagainya.
4. Bertanggung jawab dalam mengatur lalu lintas pada jaringan. 
Hal ini memudahkan komputer client untuk terhubung ke internet melalui Proxy Server.
5. Menyimpan file-file dan data di dalam database agar dapat di akses oleh komputer client
Penyimpanan file-file dan data sudah otomatis tersimpan di dalam komputer server sehingga akan meminimalisir kehilangan file dan data di dalam komputer client tersebut. Karena komputer server sudah memiliki cadangan data tersebut.
6. Mengatur hak akses dalam jaringan komputer
Di dalam suatu jaringan komputer server,  terdapat aturan agar tidak semua atau dibatasi komputer client yang dapat mengakses data yang tersimpan di dalam komputer server tersebut. Karena ada beberapa file atau data yang bersifat rahasia sehingga hanya beberapa komputer client saja yang dapat mengaksesnya.
7. Memberikan perlindungan terhadap komputer client dari virus dan malware
Sebagai media yang dapat menyimpan aplikasi-aplikasi yang dapat di jalankan di semua komputer client yang terhubung. Komputer server Memberikan perlindungan terhadap komputer client dari virus dan malware
Cara Menambah Subscriber Youtube dengan indoyousub.com

Thanks for reading & sharing Satriyo WHP Blog

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment