Home » » Sejarah Sistem Operasi

Sejarah Sistem Operasi

Posted by Satriyo WHP Blog on Thursday, October 8, 2015

Langsung ke pokok pembahasan .
...................................................................................................................................................................
Sistem Operasi mengalami perkembangan yg sangat pesat, dan di bagi ke dalam 4 generasi yaitu :

1. Generasi ke1 (1945-1980)
Generasi ke1 merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer  di beri instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

2. Generasi ke2 (1955-1965)
Generasi ke2 memperkenalkan Batch Processing System, apa itu Batch Processing System(BPS), BPS yaitu suatu pekerjaan yg dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu di eksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi. Tapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada,
Contoh : Fungsi sistem operasi ialah MMS dan FMS dan IBSYS

3. Generasi ke3 (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi di kembangkan untuk melayani banyak pemakaian sekaligus dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara konten, maka sistem operasi menjadi Multi USER dan Multi Programing.

4. Generasi ke4 (1980-sekarang)
Pada saat ini sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lain.


... Sekian ada kurang lebihnya mohon maaf, akhir kata wassalamu'alaikum wr.wb.
thanks for reading...

Thanks for reading & sharing Satriyo WHP Blog

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment